Partikel Dasar Penyusun Atom

Diposkan oleh Irvan Noor Hasim on Minggu, 27 Januari 2013

Materi/Rangkuman Kimia SMA Kelas X (Sepuluh) | Bab 1 Struktur Atom Dan Sistem Periodik | Asal usul subatom | Para penemu subatom | Cikal bakal penemuan elektron Partikel Dasar Penyusun Atom :
Berdasarkan penemuan partikel-partikel atom, dapat disimpulkan bahwa partikel dasar penyusun atom adalah proton, neutron dan elektron.

Tabel Partikel Dasar
Pencarian Partikel Subatom


Goldstein melakukan suatu percobaan dengan tabung katoda. Kalau tabung katoda ditutup rapat, ternyata gas dibelakang katoda tetap gelap. Tetapi, kalau tabung diberi lubang, maka gas dibelakang katoda menjadi berpijar atau terang. Sinar ini disebut sinar anoda atau sinar positif. Partikel yang terdapat di sinar tersebut disebut proton.

Robert Milikan dengan percobaan tetes minya menemukan muatan elektron. Milikan meneteskan minya di antara dua lempeng logam yang punya muatan berbeda dan udara di sekitas lempeng diradiasi dengan menggunakan sinar X. Dia mengamati bahwa tiap tetesan minya memiliki muatan yang selalu tetap, yaitu -10 x 10-19 atau kelipatannya.

James Chadwick membuktikan bahwa terdapat radiasi yang terdiri atas partikel netral yang massanya hampir sama dengan masa proton. Oleh karena bersifat netral, partikel itu dinamakan neutron.

Michael Faraday dan Johanes Hittorf melalui percobaan medan magnet di antara anoda dan katoda menemukan adaya sinar yang akan dibelokkan ke arah medan magnet bermuatan positif, Melalui percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sinar tersebut bermuatan negatif karena ditarik oleh medan yang muatannya berbeda dan ditolak oleh medan yang muatannya sama. Penemuan ini merupakan cikal bakal ditemukannya elektron yang nantinya ditemukan Thomson.

Baca juga materi sebelumnya/lainnya:

(: Irvan Noor Hasim - Smiles to you all as always :)

GET UPDATE VIA EMAIL

Follow us!

Artikel Terkait:

0 Comments
Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar